TABALONG SEGERA EDARKAN LIMA VARIETAS DURIAN UNGGULANNYA

TABALONG SEGERA EDARKAN LIMA VARIETAS DURIAN UNGGULANNYA

Kekayaan plasma nutfah Indonesia yang begitu beragam perlu mendapatkan perhatian lebih dari semua pihak. Terkait dengan hal ini, Pusat PVTPP, sebagai institusi Pemerintah yang memiliki tugas memberikan pelayanan pendaftaran varietas tanaman, berupaya untuk terus mendorong kegiatan optimalisasi varietas lokal dan hasil pemuliaan. Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan nilai ekonomi varietas lokal maupun hasil pemuliaan tersebut sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Pusat PVTPP memberikan pelayanan untuk dua kepentingan, yaitu pendaftaran varietas lokal dan hasil pemuliaan serta pendaftaran varietas hortikultura untuk peredaran. Varietas lokal Indonesia yang unggul, eksotik, dan unik sangat perlu untuk dilindungi keberadaan dan kelestariannya dengan mekanisme pendaftaran varietas lokal. Di sisi lain, untuk dapat diperjualbelikan, varietas-varietas unggul, baik lokal maupun hasil pemuliaan, harus melalui proses pendaftaran varietas hortikultura. Pendaftaran varietas hortikultura adalah proses yang harus dilakukan sebelum diedarkan atau dijual. Pendaftaran varietas hortikultura bertujuan agar pengguna mendapat jaminan kebenaran keunggulan terhadap varietas yang diedarkar.

Pada tanggal 20 Februari 2019, Pusat PVTPP mengunjungi Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan untuk melakukan sosialisasi tentang pendaftaran varietas hortikultura dalam rangka peredaran. Kegiatan ini dihadiri juga oleh peneliti dari BPTP dan BPSB Kalimantan Selatan, Dinas Pertanian Kabupaten dan Kota Banjarbaru, dan Komda SDG Provinsi Kalimantan Selatan.

Kabupaten Tabalong ingin mengedarkan lima varietas durian lokalnya yaitu Gantar Bumi Uya, Taradak Uya, Layung Pujung, Layung Burum, dan Likol Santuun Bersinar yang telah mendapatkan tanda daftar varietas lokal pada akhir tahun 2018 lalu.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pendaftaran varietas hortikultura adalah persyaratan, tatacaranya, penamaan, dan hal-hal teknis lain yang terkait dengan pendaftaran varietas tersebut. Kedua belah pihak mengharapkan pendaftaran untuk peredaran lima varietas durian Tabalong ini dapat terealisasi pada tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *