Tiga Tanda Daftar untuk Tiga Varietas Lokal Kalimantan Selatan

Tiga Tanda Daftar untuk Tiga Varietas Lokal Kalimantan Selatan

Plasma nutfah atau sumberdaya genetik (SDG) merupakan sumber daya yang memiliki arti ekonomi dan sosial yang sangat penting bagi Indonesia, dan tersebar di berbagai daerah.

Salah satu daerah yang memiliki kekayaan SDG adalah Kalimantan Selatan. Provinsi ini memiliki beragam agroekosistem (lahan kering, sawah, rawa pasang surut dan lebak) sehingga menghasilkan kekayaan plasma nutfah yang luar biasa.

Plasma nutfah lokal Kalimantan Selatan mungkin tidak ada di daerah lain, sehingga kita perlu menjaga kelestariannya melalui identifikasi, konservasi, dan karakterisasi keunggulan plasma nutfah (varietas lokal).

Upaya-upaya tersebut sudah tentu memerlukan peran aktif pemerintah daerah, perguruan tinggi, petani/masyarakat, dan komponen masyarakat lainnya, untuk melestarikan SDG yang sudah langka dan mengembangkan SDG yang potensial serta memiliki nilai ekonomi bagi daerah.

Terkait dengan hal ini, dalam hal pendaftaran varietas lokal, Kalimantan Selatan termasuk provinsi yang memiliki komitmen yang cukup tinggi, terlihat dari banyaknya jumlah varietas yang sudah didaftarkan di Pusat PVTPP (62varietas) dan upaya yang telah dilakukan, seperti beberapa kali berkunjung ke kantor Pusat PVTPP untuk melakukan ekspose.

Dengan segala upaya tersebut, pada tanggal 24 Januari 2019, Pusat PVTPP kembali memberikan tanda daftar untuk tiga varietas lokal Kalimantan Selatan, yaitu Mundar Sahbirin, Mangga Katsuri Delmiana, dan Durian Nonong.

Tanda daftar diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Pendaftaran Varietas Tanaman, Ir. Ewin Suib, M.M., kepada Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, pada acara Kontes Durian dan Buah Eksotik Kalimantan Selatan yang diselenggarakan di Desa Kiram, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *