UJI COBA INTEGRASI ONLINE PENDAFTARAN VARIETAS HORTIKULTURA.

UJI COBA INTEGRASI ONLINE PENDAFTARAN VARIETAS HORTIKULTURA.

Dalam rangka mendukung pelayanan publik secara online, Pusat PVTPP melaksanakan uji coba integrasi pendaftaran varietas hortikultura secara online. Rapat dihadiri anggota Tim Penilai dan Pendaftaran Varietas Hortikuktura (TP2VH), Sekretariat TP2VH, perwakilan dari Balitsa, Balithi, PT East West Seed Indonesia, PT Winon Internasional, konsultan program, pejabat dan staf Bidang Pendaftaran Varietas Tanaman.

Agenda rapat adalah melakukan sinkronisasi antara pemohon, Pusat PVTPP dan Ditjen Hortikultura terhadap prosedur pendaftaran varietas hortikuktura untuk implementasi aplikasi online yang telah dibangun.

Pihak pemohon menyambut baik aplikasi ini sepanjang lebih sederhana prosedur dan menghemat waktu. Namun agar sistem online ini tidak memberatkan pemohon diharapkan TP2VH dapat melakukan pendampingan agar dapat membantu mempercepat proses pendaftaran secara online.

Hal lain yang perlu ditindaklanjuti adalah sosialisasi kepada pemohon agar dokumen yang di upload melalui sistem online ini tidak berbelit dikembalikan apabila terjadi kekurangan syarat.
Hal penting yang harus diperhatikan oleh pemohon adalah kesahihan uji keunggulan dan uji kebenaran. Untuk mendukung hal tersebut maka sebelum melakukan aplikasi online perlu ada rekomendasi dari Sekretariat TP2VH.

Dari pertemuan ini juga dilakukan penyempurnaan aplikasi khusunya pihak TP2VH apabila terjadi penolakan, penerimaan maupun sanggahan dari pihak pemohon.

Sistem aplikasi online pendaftaran hortikultura ini diharapkan sudah aktif pada bulan Juni 2018 paralel dengan revisi Permentan 38 tahun 2011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *