Pendaftaran Pupuk

Pendafataran Pupuk dapat dilakukan secara online melalui http://simpel.pertanian.go.id 

DASAR HUKUM 

  1.  Permentan No : 36/PERMENTAN/SR/10/2017 tentang Pendaftaran Pupuk An-Organik
  2.  Permentan No : 01 tahun 2019 tentang Pendaftaran Pupuk  Organik, Pupuk Hayati dan Pembenah Rumah

BAGAN ALUR 

Alur P1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERSYARATAN PENDAFTARAN PUPUK

  1. Nomor Induk Berusaha (NIB)
  2. Akta Pendirian Perusahaan dan Perubahan
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) / Tanda Daftar Usaha Perdagangan (TDUP)
  4. Surat keterangan domisili perusahaan
  5. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/ Kartu identitas pimpinan perusahaan
  6. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  7. Pernyataan yang berhak menandatangani surat dalam rangka pendaftaran dan perizinan
  8. Konsep label kemasan;
  9. Surat tanda bukti pendaftaran merek/sertifikat merek dari instansi yang berwenang;
  10. Surat pernyataan bermaterai dari pemohon bahwa dokumen persyaratan lengkap dan benar;
  11. Deskripsi Pupuk;
  12. Bukti Pembayaran PNBP;
  13. Surat kuasa dari Pemilik Formula yang berasal dari luar negeri kepada badan usaha;
  14. Sertifikat dan/atau Laporan Hasil Pengujian (LHP) mutu;
  15. SPPT-SNI bagi pupuk wajib SNI;
  16. Laporan hasil uji efektivitas.

 

PROSEDUR

HAK AKSES

  1. Buka link simpel.pertanian.go.id lalu pilih menu PUPUK
  2. Klik Menu REGISTRASI. Note : Untuk pemohon yang telah memiliki akun pada aplikasi SIMPEL tidak perlu melakukan registrasi, cukup LOGIN dan mengaktifkan modul sesuai layanan yang diajukan
  3. Isi data perusahaan dan alamat email yang aktif untuk mendapatkan password lalu klik SIMPAN.
  4. Login menggunakan username alamat email yang didaftarkan dan password yang dikirimkan ke email terdaftar.
  5. Pilih menu PERUSAHAAN, klik menu edit (ikon  pensil) untuk melengkapi data pemohon, klik SIMPAN.
  6. Upload persyaratan administrasi yang sudah disediakan pada system di Scan berwarna dan di upload sesuai asli.
  7. Pada menu PERUSAHAAN ubah status dengan klik TIDAK AKTIF, Pilih modul permohonan pupuk untuk proses aktifasi dengan melakukan check box, lalu klik KIRIM
  8. Bila sudah sesuai akun akan diaktifkan dan pemohon sudah menerima Hak Akses dan dapat mengajukan permohonan secara online.

PENGAJUAN PERMOHONANPENDAFTARAN PUPUK

  1. Pemohon mengajukan permohonan pengantar uji mutu dan efektivitas secara online ditujukan kepada Lembaga Uji melalui Kepala Pusat PVTPP dan disetujui oleh Ditjen PSP. Untuk Pupuk SNI wajib melampirkan SPPT-SNI
  2. Hasil uji mutu dan laporan Uji Efektivitas di unggah /upload oleh lembaga uji
  3. Pemohon mengajukan permohonan secara online kepada Menteri Pertanian melalui Kepala Pusat PVTPP dengan melampirkan persyaratan permohonan pendaftaran
  4. Kepala Pusat PVTPP dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja telah selesai memeriksa kelengkapan dan kebenaran persyaratan memberikan jawaban menerima atau menolak.
  5. Permohonan yang diterima oleh Kepala Pusat PVTPP disampaikan kepada Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) secara online untuk dilakukan proses teknis.
  6. Keputusan Menteri ditetapkan dalam jangka waktu paling lama 10 (sepuluh) hari kerja untuk permohonan pupuk an-organik dan 5 (lima) hari kerja untuk permohonan pupuk organik, pupuk hayati dan pembenah tanah sejak diterima dari Kepala Pusat PVTPP.
  7. Kepala Pusat PVTPP dalam jangka waktu paling lambat 1 (satu) hari kerja menyampaikan Keputusan Menteri kepada pemohon.

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN 

  • Pendaftaran Pupuk An-Organik : Pusat PVTPP selama 3 hari kerja, Ditjen PSP 10 hari , 1 hari kerja Pusat PVTPP menyampaian SK Nomor pendaftaraan Pupuk
  • Pendafataran Pupuk Organi, Pupuk Hayati dan Pembenah Tanah : Pusat PVTPP selama 3 hari kerja, Ditjen PSP 5 hari , 1 hari kerja Pusat PVTPP menyampaian SK Nomor pendaftaraan Pupuk

 

BIAYA PENDAFTARAN 

Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak pada Kementerian Pertanian

PP tarif nomor 35 tahun 2016

Jasa Pendaftaran Pupuk  per permohonan Rp. 1.000.000