Koordinasi Teknis Pendaftaran Varietas Tanaman dan Permohonan Hak PVT

kortek 2015

Kegiatan Koordinasi Teknis Pendaftaran Varietas Tanaman dan Permohonan Hak PVT dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2015 bertempat di LPP Garden Hotel Yogyakarta yang dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat PVTPP. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 100 orang peserta dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi DIY dan Kabupaten/Kota, BPSB TPH Prov. Jawa Tengah, BPTP Prov. Jawa Tengah, Pengawas Benih Tanaman lingkup Provinsi DIY, Staf BPTP Prov. DIY, Penangkar Benih dan perusahaan benih se- DIY, dan pengajar Fakultas Pertanian Perguruan Tinggi se-DIY.

Koordinasi teknis ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas yang melaksanakan karakterisasi varietas di lapangan dan memperjelas tata cara permohonan hak PVT, pendaftaran varietas tanaman, pendaftaran varietas hortikultura sehingga dapat meminimalkan kesalahan saat penyusunan dokumen.

Diharapkan dengan koordinasi ini dapat meningkatkan pendaftaran dan permohonan varietas tanaman dari provinsi DIY karena merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi sumber daya genetik lokal dan aktif dalam mendaftarkan varietas lokalnya serta memiliki banyak penangkar benih yang sangat berpotensi untuk mendaftarkan varietas tanaman hortikultura dan varietas hasil pemuliaan.