Google Translate Widget
Hubungi Kami
Waktu Pelayanan Senin-Kamis: 08:00 – 15:00 / Jumat: 08:00 – 15:30

Pengantar Kepala Pusat

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pengunjung yang budiman, selamat datang di homepage Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.

Pusat PVTPP terbentuk berdasarkan Permentan nomor 61/Permentan/OT.140/11/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pertanian. Instansi ini merupakan penggabungan dua unit eselon II Pusat Perlindungan Varietas Tanaman ( Pusat PVT ) dan Pusat Perizinan dan Investasi ( PPI ). Penggabungan ini bertujuan untuk menyediakan pelayanan publik yang semakin efektif dan efisien bagi para pengguna. Terhitung efektif sejak 1 Desember 2010, kedua Pusat tersebut berubah nama menjadi Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian ( Pusat PVTPP), dan mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan perlindungan varietas tanaman serta pelayanan perizinan dan rekomendasi teknis pertania.

Dalam menghadapi persaingan bebas di era globalisasi ini, kita harus mampu menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing. Hasil pertanian kita harus memenuhi standar mutu yang telah di tetapkan di pasar global. Dan untuk memelihara kepercayaan konsumen, produk-produk pertanian harus disediakan sebanyak yang dibutuhkan pasar dan berkelanjutan. Peran Pusat PVTPP menjadi krusial ketika kita diharapkan pada peningkatan daya saing produk pertanian Indonesia. Sebagai bagian dari penghargaan kekayaan intelektual, Sistem PVT memberikan kepastian hukum bagi para pemilik varietas unggul, sehingga meningkatkan keberlanjutan inovasi dan pengembangan pemuliaan tanaman, dan memberikan dukungan penuh untuk perkembangan dunia pertanian pada umumnya. Sistem PVT terbukti menjadi salah satu faktor penyemangat dunia perakitan varietas unggul. Insentif yang didapat para pemulia dalam merakit varietas unggul yang diatur dalam sistem PVT, member kesempatan kepada mereka untuk melakukan re-investasi sehingga menjamin keberlanjutan kegiatan pemuliaan tanaman. Sistem PVT juga memberikan pengaruh positif bagi industri perbenihan di Indonesia. Dengan maraknya peredaran benih yang telah dilindungi Hak PVT di masyarakat memberikan kepastian bahwa benih yang digunakan konsumen benar-benar berkualitas tinggi.

Pelayanan prima dalam hal pengurusan perizinan pertanian, juga memainkan peranan penting dalam hal mendukung kelancaran proses bisnis di sector pertanian. Kecepatan, kemudahan dan transparansi merupakan pedoman kami dalam melayani para pelaku usaha mengurus perizinan pertanian. Kami berharap, pelayanan perizinan yang prima akan dapat berkontribusi bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi khususnya untuk sektor pertanian Indonesia.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pusat PVTPP