Google Translate Widget
Hubungi Kami
Waktu Pelayanan Senin-Kamis: 08:00 – 15:00 / Jumat: 08:00 – 15:30

Tugas dan Fungsi

Tugas

Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan perlindungan dan pendaftaran varietas tanaman, serta pelayanan perizinan dan rekomendasi teknis pertanian.

Fungsi

Dalam melaksanakan tugasnya, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian menyelengggarakan fungsi:
a. penyusunan program, rencana kegiatan dan anggaran;
b. pelaksanaan kerja sama dan publikasi;
c. pemberian pelayanan hukum perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian;
d. pelaksanaan pemeriksaan perlindungan varietas tanaman;
e. pemberian pelayanan perlindungan varietas tanaman;
f. pemantauan dan evaluasi hak dan kewajiban pemegang Hak Perlindungan Varietas Tanaman;
g. pemberian pelayanan pendaftaran varietas tanaman lokal dan varietas hasil pemuliaan serta pelayanan pendaftaran peredaran varietas tanaman;
h. penerimaan, analisis persyaratan, fasilitasi proses teknis penolakan atau pemberian izin dan rekomendasi teknis dan pendaftaran di bidang pertanian;
i. pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.

RINCIAN TUGAS ESELON III DAN IV

Bagian Umum

Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan penyusunan rencana, program, dan kerja sama, serta pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas,

Bagian Umum menyelenggarakan fungsi :

a. penyiapan penyusunan program, rencana kegiatan dan anggaran, serta evaluasi dan pelaporan;
b. pelaksanaan urusan kepegawaian, keuangan, surat menyurat, urusan rumah tangga dan perlengkapan;
c. penyiapan pelaksanaan kerja sama dan publikasi perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian;
d. penyiapan pelayanan hukum perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian.

Bagian Umum terdiri atas:

a. Subbagian Tata Usaha;
b. Subbagian Kerja Sama dan Publikasi, dan
c. Subbagian Pelayanan Hukum.

Uraian tugas masing-masing Sub Bagian sebagai berikut:

  1. Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan, penyusunan program, rencana kegiatan dan anggaran, evaluasi dan pelaporan, urusan kepegawaian, keuangan,surat menyurat, urusan rumah tangga dan perlengkapan.
  2. Subbagian Kerja Sama dan Publikasi mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan kerja sama dan publikasi perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian.
  3. Subbagian Pelayanan Hukum mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelayanan hukum perlindungan varietas tanaman dan perizinan pertanian.

Bidang Pelayanan Perlindungan Varietas Tanaman

Bidang Perlindungan Varietas Tanaman mempunyai tugas melaksanakan pemberian pelayanan perlindungan varietas tanaman, serta pemantauan dan evaluasi hak dan kewajiban pemegang hak perlindungan varietas tanaman. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas, Bidang Pelayanan Perlindungan Varietas Tanaman menyelanggarakan fungsi sebagai berikut:

a. pemberian pelayanan teknis permohonan hak Perlindungan Varietas Tanaman;
b. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi hak dan kewajiban pemegang hak perlindungan varietas tanaman

Bidang Pelayanan Perlindungan Varietas Tanaman terdiri atas:

a. Subbidang Pelayanan Teknis; dan
b. Subbidang Pemantauan dan Evaluasi.

Uraian tugas masing-masing Sub Bidang sebagai berikut:

  1. Subbidang Pelayanan Teknis mempunyai tugas melaksanakan pemberian pelayanan teknis permohonan hak dan pemeriksaan perlindungan varietas tanaman.
  2. Subbidang Pemantauan dan Evaluasi mempunyai tugas melaksanakan pelaksanaan pemantauan dan evaluasi hak dan kewajiban pemegang hak perlindungan varietas tanaman.

Bidang Pendaftaran dan Peredaran Varietas Tanaman

Bidang Pendaftaran dan Peredaran Varietas mempunyai tugas melaksanakan pemberian pelayanan pendaftaran varietas tanaman lokal dan varietas hasil pemuliaan serta pelayanan pendaftaran peredaran varietas tanaman. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas, Bidang Pendaftaran dan Peredaran Varietas menyelanggarakan fungsi sebagai berikut:

a. pemberian pelayanan pendaftaran varietas lokal dan varietas hasil pemuliaan; dan
b. pemberian pelayanan pendaftaran peredaran varietas tanaman

Bidang Pendaftaran dan Peredaran Varietas terdiri atas:

a. Subbidang Pendaftaran Varietas Lokal dan Hasil Pemuliaan; dan
b. Subbidang Pendaftaran Peredaran Varietas

Uraian tugas masing-masing Sub Bidang sebagai berikut:

  1. Subbidang Pendaftaran Varietas Lokal dan Hasil Pemuliaan mempunyai tugas melakukan pemberian pelayanan pendaftaran varietas lokal dan pelayanan pendaftaran hasil pemuliaan.
  2. Subbidang Pendaftaran Varietas mempunyai tugas melakukan pemberian pelayanan pendaftaran peredaran varietas tanaman.

Bidang Pelayanan Perizinan Pertanian

Bidang Pelayanan Perizinan Pertanian mempunyai tugas mempunyai tugas melaksanakan penerimaan, analisis, fasilitasi proses teknis penolakan atau pemberian izin, rekomendasi teknis, pendafaran di bidang pertanian. Dalam melaksanakan tugasnya, Bidang Pelayanan Perizinan Pertanian menyelenggarakan fungsi:

a. penerimaan, penyiapan analisis persyaratan, fasilitasi proses teknis permohonan, dan penolakan atau pemberian izin atau rekomendasi dan pendaftaran di bidang pupuk, pestisida, dan alat dan mesin pertanian, serta pemantauan dan evaluasi.
b. penerimaan, penyiapan analisis persyaratan, fasilitasi proses teknis permohonan, dan penolakan atau pemberian izin pendaftaran atau rekomendasi pengeluaran dan pemasukan di bidang tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan kesehatan hewan, penelitian dan pengembangan serta pemantauan dan evaluasi.

Bidang Pelayanan Perizinan Pertanian terdiri atas:

a. Subbidang Pelayanan Perizinan I;
b. Subbidang Pelayanan Perizinan II.

Uraian tugas masing-masing Sub Bidang sebagai berikut:

a. Subbidang Pelayanan Perizinan I mempunyai tugas melakukan penerimaan, penyiapan bahan analisis persyaratan, fasilitasi proses teknis permohonan, dan penolakan atau pemberian izin atau rekomendasi dan pendaftaran di bidang pupuk, pestisida, dan alat dan mesin pertanian, serta pemantauan dan evaluasi.
b. Subbidang Pelayanan Perizinan II mempunyai tugas melakukan penerimaan, penyiapan bahan analisis persyaratan, fasilitasi proses teknis permohonan, dan penolakan atau pemberian izin pendaftaran atau rekomendasi pengeluaran dan pemasukan di bidang tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan kesehatan hewan, penelitian dan pengembangan pertanian, serta pemantauan dan evaluasi.

Kelompok Jabatan Fungsional

Kelompok Jabatan Fungsional  mempunyai tugas kegiatan sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan.

  1. Kelompok jabatan fungsional terdiri atas jabatan fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman dan beberapa jabatan fungsional yang terbagi dalam berbagai kelompok sesuai bidang keahliannya, masing-masing dikoordinasikan oleh pejabat fungsional senior yang ditunjuk Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian
  2. Kelompok Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman mempunyai tugas:
    a. melakukan pemeriksaan perlindungan varietas tanaman;
    b. melakukan kegiatan lainnya sesuai dengan jenjang jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan.
  3. Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian menempatkan pejabat fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman, dan jabatan fungsional lainnya pada unit kerja eselon III yang sesuai tugas masing-masing jabatan fungsional.